Dolar dan Pound Naik Pasca Pengumuman Kesepakatan Dagang AS-Cina

Dolar dan Pound Naik Pasca Pengumuman Kesepakatan Dagang AS-Cina

Category : Currency

Dolar bertahan mendekati tingkat tertinggi 2,5 bulan terhadap yen pada Senin pagi setelah Washington dan Beijing mengumumkan kemajuan soal kesepakatan perdagangan dengan sterling juga melesat mendekati level puncak tiga bulan di tengah harapan Inggris akan berpisah dengan Uni Eropa dalam ikatan peraturan.

Menurut berita yang dilansir Reuters Senin (14/10) pagi pada Jumat silam, dolar AS menguat terhadap yen hingga 108,63 per yen, level tertinggi sejak 1 Agustus, sebelum Presiden AS Donald Trump mengatakan Amerika Serikat dan Cina telah mencapai kesepakatan perdagangan ‘Tahap Pertama’.

Dolar AS naik setelah Trump mengumumkan kesepakatan yang mencakup sektor pertanian, mata uang dan beberapa aspek perlindungan hak kekayaan intelektual.

Dalam perdagangan awal di Asia pada hari Senin, dolar beranjak turun ke 108,36 yen, sementara itu euro berada di kisaran $1,1025 (EUR=) terhadap greenback, dari tingkat tertinggi tiga minggu pada hari Jumat di $1,10625.

Pasar Tokyo ditutup libur Senin ini sehingga volume perdagangan cenderung lebih kecil daripada biasanya.

Kesepakatan itu merupakan langkah terbesar Amerika Serikat dan Cina dalam sengketa perdagangan yang telah berlangsung selama 15 bulan. Pengumuman Jumat tersebut tidak memberikan rincian yang banyak dan Trump mengatakan akan memerlukan waktu hingga lima minggu untuk menyegel pakta secara tertulis. Ia mengakui kesepakatan ini bisa gagal selama periode waktu itu, kendati ia menyatakan keyakinan bahwa itu tidak akan terjadi.

Source : investing.com