Dolar Melemah terhadap Yen, Kesepakatan Jadi Fokus

Dolar Melemah terhadap Yen, Kesepakatan Jadi Fokus

Category : Currency

Dolar bergerak di bawah tingkat tertinggi 2,5 bulan terhadap yen pada Selasa pagi dan ini berarti dolar gagal memperpanjang kenaikan sebelumnya.

Menurut berita yang dilansir Reuters Selasa (15/10) pagi, pelemahan dolar dipengaruhi oleh optimisme seputar negosiasi perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia AS-Cina dan prospek keluarnya Inggris dari Uni Eropa dengan aturan kini mulai padam.

Dalam perdagangan awal Asia, dolar stabil di level 108,35 terhadap yen, tidak jauh dari tingkat tertinggi 2,5 bulan pada 108,63 yen yang dicapai Jumat.

Euro juga mendatar $1,1026 (EUR=) terhadap greenback, mundur dari tingkat tertinggi tiga minggu pada hari Jumat di $1,1062.

Kendati pada awalnya pasar menyambut baik kesepakatan perdagangan “Tahap Satu” antara Amerika Serikat dan Cina yang diurai oleh Presiden Donald Trump pekan lalu, tapi kurangnya rincian dari kesepakatan itu membuat banyak investor bersikap hati-hati.

“Laporan-laporan media menunjukkan bahwa Cina menginginkan pertemuan tingkat tinggi lain pada bulan ini untuk menyelesaikan kesepakatan Jumat lalu, dan ini menunjukkan bahwa tidak semua rincian dari perundingan dipecahkan,” tandas Alex Stanley, ahli strategi senior tingkat suku bunga di National Australia Bank.

“Pelaku pasar sadar bahwa ‘kesepakatan’ AS-Cina sebelumnya telah hancur di tengah-tengah kesalahpahaman di antara kedua belah pihak.”

Sebuah laporan Bloomberg Senin yang mengutip berbagai sumber-sumber mengatakan Cina menginginkan perundingan lebih banyak lagi segera setelah akhir Oktober untuk menuntaskan rincian kesepakatan tahap satu Trump sebelum Presiden Cina Xi Jinping setuju untuk menandatanganinya.

Negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa atas kepergian Inggris dari blok itu juga tampak sama berlalunya dengan cepat.

Sterling turun dari tingkat tertinggi tiga bulan yang disentuh pada hari Jumat ketika euforia pekan lalu menghapus keraguan tentang apakah kesepakatan Brexit yang tepat waktu bisa tercapai. Pound terakhir dikutip pada level $1,2604 terhadap dolar, sedikit berubah pada hari itu.

Kesepakatan memperlancar kepergian Inggris dari Uni Eropa kini tergantung pada keseimbangan Senin setelah para diplomat mengindikasikan blok itu menginginkan konsesi yang lebih besar dari Perdana Menteri Boris Johnson dan mengatakan kesepakatan penuh tidak mungkin terjadi pada minggu ini.

Johnson mengatakan ia ingin menuntaskan kesepakatan di KTT Uni Eropa pada hari Kamis dan Jumat untuk memungkinkan perpisahan dengan aturan pada 31 Oktober. Jika kesepakatan tidak mungkin terwujud, ia mengatakan akan memimpin Inggris keluar dari blok itu tanpa adanya kesepakatan – meskipun Parlemen Inggris telah mengesahkan undang-undang yang menyatakan ia tidak bisa melakukan hal tersebut.

Lira menunjukkan reaksi terbatas setelah Trump memberlakukan sanksi baru pada Turki, tetapi mata uang Turki ini tetap berkutat di level terendah tujuh minggu terhadap dolar di tengah kekhawatiran tentang dampak dari serangan negara itu di Suriah utara. Di awal Asia, lira berada di kisaran 5,9239 per dolar, setelah melemah 0,8% pada hari Senin.

Source : investing.com