Bursa Asia Bergerak Stabil, Pound Jatuh Lagi Akibat Proses Brexit yang Tertunda

Bursa Asia Bergerak Stabil, Pound Jatuh Lagi Akibat Proses Brexit yang Tertunda

Category : Currency

Bursa saham Asia stabil di awal perdagangan pekan ini pada Senin (21/10) pagi dan pound Inggris jatuh setelah penundaan pemungutan suara terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Senin (21/10) pagi, indeks MSCI yang terdiri dari saham-saham Asia Pasifik selain Jepang (MIAPJ0000PUS) bergerak mendatar. Saham-saham di Australia (AXJO) turun 0,3% dan Nikkei Jepang (N225) meningkat sebesar 0,13%.

Prahara Brexit, melambatnya pertumbuhan global, dan friksi perdagangan internasional telah membuat investor terus gelisah selama beberapa bulan terakhir.

Pound bergerak turun dari tingkat tertinggi lima bulan terhadap dolar dan euro setelah parlemen Inggris memaksa Perdana Menteri Boris Johnson menunda batas waktu keluarnya Inggris dari Uni Eropa pada 31 Oktober.

Perpanjangan voting atas Brexit tersebut memberi pukulan terhadap optimisme kesepakatan yang tercapai minggu lalu bakal memastikan Brexit terjadi dengan gangguan ekonomi yang minimal.

Di kala pemerintah Inggris bersikukuh Brexit akan berlangsung pada 31 Oktober, ketidakpastian masih menyelimuti tentang apakah Uni Eropa bakal menyetujui penundaan dan bagaimana anggota parlemen Inggris akan merespons bisa membebani sentimen selama pekan ini.

Pound beranjak turun sebesar 0,7% menjadi $1,2908 dan berkurang sekitar 0,4% menjadi 86,50 per euro.

Source : investing.com