Parlemen Inggris Tunda Voting Brexit, Sterling Bergerak Melemah

Parlemen Inggris Tunda Voting Brexit, Sterling Bergerak Melemah

Category : Currency

Sterling bergerak melemah terhadap dolar pada Senin pagi dan turun dari tingkat tertinggi lima bulan setelah parlemen Inggris menunda pemungutan suara kesepakatan Brexit.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Senin (21/10) pagi, langkah ini menggagalkan rencana Perdana Menteri Boris Johnson untuk mengambil keputusan soal kesepakatan Brexit, tetapi pound mempertahankan reli terbarunya di tengah keyakinan bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa tanpa aturan mengikat dapat terhindarkan.

Di perdagangan Asia, pound melemah sebesar 0,61% menjadi $1,2910 setelah mencapai puncak lima bulan di $1,2990 pada Jumat silam dan menutup pekan lalu tepat di bawah level $1,30 dengan mengalami lonjakan sebesar 6,5% sejak Johnson mencapai kesepakatan perpisahan dari Uni Eropa pada 10 Oktober silam.

Anggota parlemen Inggris Sabtu lalu memilih untuk menunda keputusan atas kesepakatan Johnson. Langkah tersebut memaksa PM Inggris bernegosiasi dengan Eropa terkait penundaan ketiga perpisahan Inggris dari blok Eropa. Keluarnya Inggris telah dipertimbangkan pada 31 Oktober nanti.

Tetapi Johnson menambahkan catatan lain yang mengatakan ia menentang perpanjangan voting itu dan menteri pemerintahan Inggris Michael Gove mengatakan Minggu bahwa Brexit akan terjadi pada 31 Oktober dengan pemerintah berusaha mendorong lolosnya RUU Brexit di parlemen.

Source : investing.com