Dolar AS Stabil sebelum Rapat Fed, Penundaan Brexit Jadi Fokus

Dolar AS Stabil sebelum Rapat Fed, Penundaan Brexit Jadi Fokus

Category : Currency

USD/JPY stabil mendekati tingkat tertinggi selama lebih dari dua bulan terhadap yen pada Senin (28/10) pagi menjelang pertemuan Federal Reserve AS minggu ini. Para pengambil kebijakan bank sentral AS diperkirakan akan memangkas suku bunga tetapi menekankan keengganan mereka untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Senin (28/10) pagi, sterling melemah terhadap dolar dan euro. Lolosnya kesepakatan penundaan pemisahan Inggris dari Uni Eropa hingga tanggal 31 Januari akan diketahui pada hari Senin ini setelah Perdana Menteri Boris Johnson gagal memenangkan persetujuan dari parlemen Inggris mengenai jadwal Brexit.

Fokus pasar akan beralih pada pertemuan Fed yang berakhir 30 Oktober dan pertemuan Bank of Japan yang berakhir 31 Oktober. The Fed diperkirakan memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini.

BOJ condong mempertahankan kebijakan minggu ini. Tetapi keputusan itu mungkin akan memperingatkan bahwa para pengambil kebijakan kini berjuang menghadapi ancaman perang perdagangan AS-Cina dan Brexit terhadap prospek global.

Dolar diperdagangkan pada level 108,72 per yen pada Senin, mendekati 108,94 per yen dan ini merupakan tingkat tertinggi sejak 1 Agustus. Greenback dikutip pada level $1,1084 per euro dan mendekati level tertinggi dalam lebih dari satu minggu. Indeks dolar (DXY) berada di kisaran 97,827, juga mendekati level tertinggi lebih dari seminggu.

Mata uang AS tersebut mendapat sedikit bantuan Jumat silam setelah kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan “hampir menyelesaikan” beberapa bagian dari kesepakatan perdagangan dengan Cina.

Source : investing.com