Penguatan CNY/CNH dalam beberapa hari terakhir akan berkurang di tengah optimisme kesepakatan perdagangan ‘tahap satu’ antara AS-Cina, berdasarkan jajak pendapat analis. Dan analis juga memperkirakan pelemahan ekonomi domestik kemungkinan memperlemah nilai yuan pada tahun mendatang.

Menurut hasil jajak pendapat yang dilansir Reuters Kamis (07/11) pagi, sentimen bakal terwujudnya kesepakatan awal telah mendorong mata yuan ke tingkat tertinggi 2,5 bulan pada hari Selasa. Pergerakan tersebut tak terpengaruh pada rilis data ekonomi domestik yang lemah dan Bank Rakyat Cina (PBOC) yang juga telah menurunkan suku bunga pinjaman untuk pertama kalinya sejak awal 2016.

Yuan menembus level psikologis 7 per dolar hingga menyentuh 6,9876 dan ini merupakan tingkat tertinggi sejak 2 Agustus.

Tetapi mayoritas analis memperingatkan penguatan mata uang ini tidak akan bertahan tanpa adanya kesepakatan penting untuk menghapus tarif lama yang dikenakan pada berbagai produk asal Cina.

Perseteruan perdagangan dengan Amerika Serikat telah merugikan ekonomi Cina. Data resmi terbaru menunjukkan perlambatan pertumbuhan PDB kuartal ketiga mendekati tingkat terendah dalam tiga dekade. Perlambatan PDB dipicu oleh perang perdagangan yang menghancurkan produksi pabrik domestik.

50 lebih analis memperkirakan yuan melemah sekitar 2% menjadi 7,15 per dolar dalam enam bulan dan diperdagangkan pada 7,10 per dolar saat ini di tahun depan dari sekitar 7 per dolar pada hari Rabu berdasarkan jajak pendapat.

Namun, data median 12 bulan ke depan untuk yuan memiliki prospek yang paling optimis sejak bulan Agustus, ketika Departemen Keuangan AS menyebut Cina sebagai negara manipulator mata uang.

Para responden juga mengatakan yuan akan naik sebesar 1-2% jika Amerika Serikat dan Cina berhasil menandatangani kesepakatan perdagangan sebagian.

PBOC baru-baru ini mengubah arah kebijakan dengan memperkuat yuan lebih dari 1% setelah pada bulan Agustus silam membiarkan mata uang ini jatuh ke tingkat terlemah sejak resesi global 2008.

Pada hari Rabu, PBOC menetapkan titik tengah yuan di 7,0080 per dolar. Nilai itu merupakan tingkat tertinggi 8 Agustus.

Source : investing.com