USD/JPY bergerak naik terhadap mata uang safe haven seperti yen dan franc Swiss pada Kamis (08/11) malam setelah dirilisnya laporan Amerika Serikat dan Cina telah sepakat membatalkan tarif impor. Berita tersebut meningkatkan harapan bahwa kedua belah pihak dapat menandatangani kesepakatan perdagangan dalam beberapa bulan mendatang.

USD/EUR juga menguat terhadap euro dan pound Inggris setelah komentar dari Komisi Uni Eropa dan Bank of England menggarisbawahi pelemahan prospek pertumbuhan di Eropa.

Juru Bicara Kementerian Perdagangan Cina Gao Feng mengatakan Beijing dan Washington telah sepakat untuk menghapus tarif yang telah diberlakukan selama 16 bulan. Pembatalan tarif ini sangat penting dalam kesepakatan perdagangan tahap satu, yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebagai kemajuan negosiasi, tegasnya.

Kedua belah pihak berupaya menandatangani kesepakatan bulan ini tetapi belum memberikan keputusan lokasi pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping. Belum ada konfirmasi atas pernyataan Gao dari pihak AS pada Kamis setempat, kendati tanggapan konsisten terus disampaikan dari laporan media AS baru-baru ini, tetapi hal tersebut tampaknya tidak menghentikan laju yuan Cina luar negeri untuk mencapai level tertinggi tiga bulan terhadap dolar.

“Perang dagang dimulai dengan tarif, dan harus diakhiri dengan pembatalan tarif,” tandas Gao pada jumpa pers.

Indeks dolar AS melaju positif sebesar 0,2% menjadi 97,930 pada pukul 10:28 ET (14:28 GMT).

Sementara sterling turun setelah Bank of England memangkas perkiraan tingkat pertumbuhan dan BoE mengharapkan ekonomi Inggris tumbuh separuhnya dari tingkat tahun 2018 akibat perlambatan pertumbuhan di seluruh dunia dan ketidakpastian Brexit yang terus berlarut. Bank sentral Inggris itu juga mengisyaratkan bahwa mungkin akan segera memangkas suku bunga jika ketidakpastian itu terus menekan laju produksi setelah bank sentral ini meninggalkan suku bunga tidak berubah pada tingkat 0,75%.

Source : investing.com

Untuk pertama kalinya selama lebih dari setahun, dua pengambil kebijakan tidak setuju dengan keputusan itu dan malah mendesak penurunan suku bunga.

GBP/USD turun 0,2% menjadi 1,2817 sementara EUR/USD melemah 0,1% ke $1,1053 setelah Komisi Eropa memotong perkiraan pertumbuhan dan inflasi untuk dua tahun ke depan.