Ketidakpastian Dagang Tak Pengaruhi Tren Emas Hari Ini

Ketidakpastian Dagang Tak Pengaruhi Tren Emas Hari Ini

Category : Comodities

Harga emas kembali mendatar pada Senin (11/11) siang di Asia dan pasar komoditas terlihat mengabaikan kisruh terbaru di Hong Kong dengan ketidakpastian masih terus menaungi negosiasi perdagangan AS-Cina.

Emas Berjangka sedikit naik 0,01% dan terakhir diperdagangkan di $1,463.85 pada pukul 01:24 ET (05:24 GMT).

Kerusuhan politik kembali berlanjut di Hong Kong. Dua pengunjuk rasa tertembak peluru pihak kepolisian selama unjuk rasa pagi setempat dengan layanan di beberapa jalur kereta api dan kereta bawah tanah juga terganggu.

Menurut media lokal Hong Kong, pengunjuk rasa marah terhadap sikap brutal aparat setempat dan juga intervensi Beijing di Hong Kong.

Di bidang perdagangan Cina-AS, Presiden AS Donald Trump mengatakan negosiasi Cina berjalan “dengan sangat baik,” menekankan bahwa Cina menginginkan terwujudnya kesepakatan “melebihi dirinya.”

Namun, presiden AS menggambarkan dalam laporan terbaru tentang seberapa besar AS siap untuk menurunkan tarif produk asal Cina sebagai hal yang “tidak benar.”

“Jika kita tidak membuat kesepakatan dengan benar, kita tidak akan mewujudkan kesepakatan,” kata Trump kepada wartawan Sabtu setempat.

Bursa saham Asia bergerak melemah di zona merah hari ini setelah berita tersebut. Emas, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan aset berisiko konvensional, tidak dapat mengambil kesempatan dari penurunan sentimen.

“Perang perdagangan Cina-AS dan unjuk rasa Hong Kong bergabung untuk memberikan pengaruh negatif di pasar Asia hari ini,” jelas James McGlew, analis perusahaan pialang saham Argonaut dalam laporan Reuters.

“Unjuk rasa Hong Kong telah berlangsung cukup lama dan pandangan dari dunia keuangan bahwa peristiwa itu benar-benar mulai berpengaruh sekarang. Semakin jauh menyeret, ini pasti akan menjadi sangat negatif.”

Source : investing.com