Harga minyak menanjak naik meski stok minyak AS bertambah

Harga minyak menanjak naik meski stok minyak AS bertambah

Category : Comodities

Harga minyak menanjak naik mendekati akhir pekan. Jumat (15/11) pukul 8.51 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2019 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 57,07 per barel, menguat 0,53% dari posisi penutupan perdagangan kemarin.

Harga minyak brent untuk pengiriman Januari 2020 di ICE Futures pun naik 0,47% menjadi US$ 62,57 per barel. Dalam sepekan, harga minyak acuan internasional ini naik tipis dari akhir pekan lalu pada US$ 62,51 per barel.

Sedangkan harga minyak WTI justru turun tipis 0,30% dari sebelumnya US$ 57,24 per barel.

Data Energy Information Administration menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS hingga pekan lalu naik 2,2 juta barel, lebih tinggi daripada prediksi analis yang meramalkan kenaikan 1,65 juta barel.

Di sisi lain, OPEC mengungkapkan bahwa surplus minyak tahun depan akan lebih rendah. OPEC mengurangi pasokan di tengah rekor produksi minyak AS.

“Hitungan mundur pertemuan OPEC dimulai dan pertanyaan yang muncul adalah apakah OPEC akan memangkas lebih lanjut produksi minyak,” kata Norbert Rucker, head of economics Julius Baer kepada Reuters.

OPEC dan Rusia akan menggelar pertemuan pada 5-6 Desember mendatang.

Source : kontan.co.id