Harga Emas Naik, Perundingan Dagang Tetap Jadi Fokus

Harga Emas Naik, Perundingan Dagang Tetap Jadi Fokus

Category : Comodities

Harga emas sedikit naik pada Rabu (20/11) siang dengan trader terus mengamati perkembangan terbaru hubungan perdagangan Cina-AS setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperingatkan Cina bahwa ia mungkin akan menaikkan tarif bahkan lebih tinggi lagi.

Emas Berjangka naik tipis 0,1% menjadi $1,476.25 pada pukul 12:49 AM ET (04:49 GMT).

Trump, berbicara setelah pertemuan kabinet pemerintahannya, mengancam akan memberikan tarif hukuman yang lebih besar atas produk asal Cina pada 15 Desember mendatang kecuali tahap satu dari kesepakatan AS-Cina berhasil ditandatangani.

Harapan kesepakatan perdagangan sebagian agak berkurang baru-baru ini karena Cina berulang kali mendesak AS untuk menurunkan kembali tarif yang diberlakukan sebelumnya. Di kala pejabat tinggi dari kedua negara mengatakan pekan lalu bahwa mereka hampir menandatangani kesepakatan, Trump tanpa diduga mengatakan Jumat lalu bahwa ia belum setuju untuk membatalkan tarif yang ada, sebelum mengancam untuk menaikkannya lebih tinggi lagi pada Selasa kemarin.

Ada juga laporan bahwa Cina enggan untuk menyetujui pembelian produk pertanian asal AS yang cukup besar setiap tahunnya seperti yang diminta oleh Washington dan ini menambah ketidakpastian seputar kemajuan perundingan perdagangan.

Dalam berita lain meski bukan penggerak arah bagi logam kuning hari ini, situasi di Hong Kong menarik atensi ketika Senat AS dengan suara bulat meloloskan undang-undang yang mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong. Hal tersebut menuai kritikan dari Kementerian Luar Negeri Cina.

“Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong” mengganggu urusan dalam negeri Cina, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang, menurut pernyataan online berbahasa Cina, yang mencatat bahwa Cina “sangat mengutuk dan dengan tegas menolak” tindakan intervensi.

Source : investing.com