Harga minyak dunia jatuh dari level tertinggi, sentimen AS-China mendominasi

Harga minyak dunia jatuh dari level tertinggi, sentimen AS-China mendominasi

Category : Comodities

Harga minyak mentah dunia terpeleset setelah menyentuh level tertinggi hampir dua bulan pada perdagangan Jumat (22/11). Ketidakpastian yang terus menyelimuti kesepakatan perdagangan Amerika Serikat (AS)-China berimbas pada prospek permintaan minyak mendatang.

Mengutip Bloomberg, pukul 09.31 WIB, minyak Brent pengiriman Januari 2020 ke level US$ 63,61 per barel atau turun 0,56%. Sedangkan, minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Januari 20 ke level US$ 58,20 per barel atau turun 0,65%.

“Faktor kunci untuk prospek permintaan minyak adalah negosiasi perdagangan (AS-China) yang saat ini sedang berlangsung,” kata Michael McCarthy, chief market strategist CMC Markets dan Stockbroking dilansir dari Reuters.

“Dengan minyak di dekat level atas, rentang perdagangan baru-baru ini, tidak mengherankan melihat sedikit tekanan jual selama sesi hari ini.”

Sebelumnya, harga minyak telah menyentuh level tertinggi sejak akhir September pada hari Kamis (20/11), setelah Reuters melaporkan bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia kemungkinan akan memperpanjang pengurangan produksi yang ada tiga bulan lagi hingga pertengahan 2020 pada pertemuan 5 Desember mendatang.

Minyak juga didukung oleh komentar dari kementerian perdagangan China, pihaknya akan berusaha untuk mencapai kesepakatan awal dengan AS untuk mengakhiri perang dagang pasangan yang telah berjalan lama.

Source : kontan.co.id