Dolar AS Stabil Ditengah Ketidakpastian Perundingan Dagang

Dolar AS Stabil Ditengah Ketidakpastian Perundingan Dagang

Category : Currency

Dolar AS stabil pada hari Senin (25/11) di Asia di tengah ketidakpastian yang berlangsung seputar perkembangan perundingan dagang Cina – Amerika Serikat.

Indeks Dolar AS terakhir diperdagangkan di 98.180 pada pukul 12:01 ET (04:01 GMT). Reuters mengutip sumber dari AS dan Cina serta melaporkan bahwa kesepakatan perdagangan tahap dua tampaknya kemungkinan kecil terwujud lantaran Cina dan AS masih terus berjuang untuk mencapai kesepakatan tahap pertama. Reuters sebelumnya melaporkan bahwa penandatanganan kesepakatan perdagangan sebagian mungkin akan mundur hingga tahun depan.

Berita itu muncul setelah Presiden Cina Xi Jinping mengatakan pekan lalu bahwa Beijing ingin menyelesaikan pakta perdagangan sementara atau ‘tahap satu’ tetapi tidak takut untuk mengambil tindakan balasan jika diperlukan. Presiden AS Donald Trump juga mengatakan Jumat bahwa kesepakatan perdagangan dengan Cina “berpotensi sangat dekat” terwujud sebelum menambahkan, “Pertanyaannya apakah saya ingin melakukannya atau tidak.”

Dolar menguat di sesi sebelumnya setelah data menunjukkan aktivitas pabrik dan jasa AS berakselerasi pada November sehingga itu memperkuat prospek ekonomi. Kendati mengalami kenaikan, dolar bergerak terbatas pekan lalu dan naik tipis 0,3%.

IHS Markit mengatakan indeks manajer pembelian “awal” manufaktur meningkat menjadi 52,2 pada bulan November dari pembacaan akhir 51,3 pada Oktober, sementara PMI jasa awal meningkat menjadi 51,6 bulan ini dari 50,6 bulan lalu.

Seputar data, kepercayaan konsumen AS bakal diumumkan pada hari Selasa. Pesanan barang tahan lama dan pembacaan kedua PDB kuartal ketiga juga akan dicermati dengan saksama.

Pasangan USD/CNY melemah 0,1% ke 7,0356.

Yen bergerak turun dengan saham-saham Asia melaju positif hari ini. Pasangan USD/JPY naik 0,1% menjadi 108,75.

Pasangan EUR/USD tidak berubah di 1,1021.

Data inflasi awal kawasan euro Jumat diperkirakan akan menjadi fokus.

Pasangan GBP/USD naik tipis 0,1% menjadi 1,2846.

Source : investing.com