Dolar AS Bergerak Naik Didorong Optimisme Perundingan Dagang

Dolar AS Bergerak Naik Didorong Optimisme Perundingan Dagang

Category : Currency

Dolar AS bergerak naik pada Rabu (27/11) siang di Asia setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan Washington dan Beijing tengah berada dalam “pergolakan akhir dari kesepakatan yang sangat penting”. Hal itu memberikan harapan bahwa kedua belah pihak bisa segera menandatangani kesepakatan untuk menunda perseteruan dagang 16 bulan mereka.

Namun, Trump juga menegaskan kembali dukungan Washington bagi para pengunjuk rasa di Hong Kong yang berpotensi menyakiti pihak Cina.

“Saya mempertahankan ini karena akan menjadi kesepakatan yang bagus,” katanya dalam wawancara dengan Fox News. “Kami bahkan tidak dapat membuat kesepakatan yang disukai. Kami harus membuat kesepakatan di mana kami melakukannya dengan jauh lebih baik, karena kami harus mengejar ketertinggalan.”

Kementerian Perdagangan Cina mengatakan Selasa bahwa kedua negara melakukan komunikasi via telepon minggu ini dan telah “mencapai konsensus tentang penyelesaian masalah yang relevan”, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Hubungan melalui saluran telepon tersebut kemudian dikonfirmasi oleh pejabat AS. Namun juga mengatakan bahwa kendala masih tetap ada.

Indeks Dolar Berjangka AS naik tipis 0,1% menjadi 98,270 pada pukul 12:40 AM ET (04:40 GMT).

Data ke depan, kepercayaan konsumen AS turun dalam empat bulan berturut-turut di November meskipun berekspektasi terjadi rebound kecil.

Data belanja konsumen AS bakal dirilis hari ini bersama dengan data PDB, klaim pengangguran dan barang tahan lama.

Pasar ekuitas dan obligasi AS akan ditutup pada hari Kamis untuk menjalani libur Thanksgiving.

Pasangan EUR/USD melemah 0,1% ke 1.1008. Inflasi kawasan euro bulan Oktober akan diumumkan pada hari Jumat.

Sementara itu, pasangan GBP/USD juga turun sebesar 0,1% menjadi 1,2851.

Pasangan USD/JPY meningkat 0,1% ke 109,14. Pasangan AUD/USD turun 0,2% menjadi 0,6770.

Source : investing.com