Harga Emas Kembali Naik Didorong Sentimen Positif Perundingan Dagang

Harga Emas Kembali Naik Didorong Sentimen Positif Perundingan Dagang

Category : Comodities

Perubahan alur perundingan dagang berlanjut hari ini dan kali ini mendorong harga emas beranjak naik.

Baik emas fisik dan emas berjangka menguat dari tingkat terendah dua minggu pada hari Senin ketika pasar melangkah dengan pernyataan Menteri Perdagangan Cina bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He yang melakukan pembicaraan melalui saluran telepon – lagi – dengan perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam membahas masalah terkait dengan kesepakatan tahap satu.

Setiap kali tiga pejabat tersebut berunding selama sebulan terakhir, pasar mendorong harapan mereka bahwa kesepakatan tahap satu telah selesai, tapi kemudian sadar bahwa ini belum usai.

Peran emas sebagai lindung nilai safe haven terhadap perang dagang terjadi lagi pada hari ini setelah putaran perundingan terakhir, meskipun berhasil mengantongi keuntungan kecil.

Emas berjangka untuk penyerahan Desember di Divisi COMEX New York ditutup naik $3,40, atau sebesar 0,2%, menjadi $1,460.30. Kontrak emas Desember itu jatuh $1.460,70 pada sesi sebelumnya, tingkat terendah sejak 8 November.

Emas spot, yang mencerminkan perdagangan langsung fisik emas, meningkat $6,72, atau sebesar 0,5%, di $1,461.60 pada pukul 2:55 PM ET (19:55 GMT).

“Pengaruh utama untuk emas masih sentimen safe haven yang terkait dengan perundingan perdagangan,” kata Eric Scoles, ahli strategi logam mulia RJO Futures di Chicago.

“Perundingan perdagangan akhir-akhir ini agak optimis, tetapi secara keseluruhan cukup sepi minggu ini, dan pasar kemungkinan akan tetap netral menjelang pekan liburan di AS,” ujar Scoles. “Sampai sekarang, saya pikir emas membutuhkan beberapa berita utama yang besar untuk mengatur pergerakan pasar ini.”

Source : investing.com