Harga Minyak Turun Dipicu UU Terbaru AS terkait Hong Kong, Cina Protes Keras

Harga Minyak Turun Dipicu UU Terbaru AS terkait Hong Kong, Cina Protes Keras

Category : Comodities

Harga minyak turun selama dua hari beruntun Kamis (28/11) malam setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang yang mendukung pengunjuk rasa di Hong Kong dan memicu protes keras dari pemerintah Cina.

Minyak mentah Minyak Brent Berjangka turun 64 sen, atau sebesar 1%, di $63,42 per barel pada pukul 16.09 GMT menurut laporan yang dilansir Reuters.

Minyak mentah Minyak Mentah WTI Berjangka berkurang 31 sen, atau 0,5%, menjadi $57,80 dengan trader di AS menjalani libur hari Thanksgiving.

Cina memperingatkan Amerika Serikat bahwa akan mengambil “tindakan tegas” dalam menanggapi undang-undang AS yang mendukung para pengunjuk rasa anti-pemerintah di Hong Kong.

Investor khawatir bahwa langkah itu mungkin akan menunda perundingan awal antara Amerika Serikat dan Cina untuk mengakhiri perang dagang yang telah memperlambat pertumbuhan ekonomi global dan berdampak pada konsumsi minyak.

Harga minyak melanjutkan kerugian dari hari Rabu ketika data pemerintah menunjukkan persediaan minyak mentah AS membengkak sebanyak 1,6 juta barel pekan lalu dengan produksi naik ke rekor 12,9 juta barel per hari (bph) dan aktivitas kilang berjalan lambat.

Investor juga fokus pada pertemuan minggu depan antara Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitra lainnya termasuk Rusia, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, yang telah menahan produksi untuk mendukung harga.

Source:investing.com