Yen Jepang, Franc Swiss Naik Didorong Kekhawatiran Perang Dagang

Yen Jepang, Franc Swiss Naik Didorong Kekhawatiran Perang Dagang

Category : Currency

Yen dan franc Swiss mempertahankan penguatan terhadap dolar pada Rabu (04/12) pagi di mana minat terhadap aset safe-haven bertambah setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan kesepakatan perdagangan dengan Cina mungkin tidak akan selesai sampai setelah pemilihan presiden AS tahun 2020.

Dalam perdagangan luar negeri, yuan Cina bergerak mendekati level terendah terhadap dolar sejak bulan Oktober akibat memudarnya harapan untuk mencapai gencatan senjata dalam perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu menurut laporan yang dilansir Reuters Rabu (04/12) pagi.

Dolar mengalami tekanan luas terhadap mata uang utama lain dan ini mendorong sterling naik ke tingkat tertinggi dalam lebih dari enam bulan terhadap greenback.

Pernyataan Trump bahwa ia “tidak memiliki tenggat waktu” atas kesepakatan dagang dengan Cina memperlemah sentimen dan menggoyahkan pasar keuangan karena gesekan perdagangan dapat mengganggu pertumbuhan global lebih lama lagi.

Prospek terwujudnya kesepakatan yang semakin menipis juga memperkuat harapan Amerika Serikat dapat melaksanakan rencananya untuk menaikkan tarif lebih besar atas produk asal Cina pada 15 Desember.

USD/JPY berada di level 108,54 terhadap dolar pada hari Rabu dan mendekati level tertinggi sejak 22 November.

Franc Swiss dikutip di level 0,9875 terhadap dolar, mendekati level tertinggi sejak 4 November.

USD/CNY luar negeri berada di 7,0691 per dolar, mendekati level terlemah sejak 18 Oktober.

Source : investing.com