Tren Pelemahan Dolar Pekan Ini Terdampak Data Ekonomi dan Tensi Perdagangan

Tren Pelemahan Dolar Pekan Ini Terdampak Data Ekonomi dan Tensi Perdagangan

Category : Comodities , Currency

Dolar AS sedikit menurun pada Jumat (06/12) pagi terpukul oleh kegelisahan perundingan perdagangan dan sinyal beragam dari perekonomian Amerika Serikat. Sementara itu, pound Inggris melaju positif di kala spekulasi menegaskan bahwa Perdana Menteri Boris Johnson dapat meraih kemenangan dalam pemilihan umum di Inggris.

Minat beli terhadap safe haven Yen Jepang dan franc Swiss meningkat sebagai aset lindung nilai terhadap perundingan dagang Cina-AS yang menemui hambatan dan investor khawatir angka pekerjaan AS hari ini mungkin dibawah ekspektasi menurut laporan yang dilansir Reuters Jumat (06/12) pagi.

Euro bertahan di $1,1104, setelah menguat sebesar 0,8% minggu ini. Yen juga bertambah 0,9% terhadap dolar minggu ini dan stabil di 108,72 yen per dolar pada hari Jumat.

Terhadap sejumlah indeks dolar telah turun pekan ini untuk mengantongi kerugian kumulatif hampir 1%.

Dolar New Zealand dan Pound Inggris melonjak. Kiwi bertahan di bawah level tertinggi empat bulan yang dicapai pada hari Kamis di $0,6541, setelah menguat sebesar 1,8% pekan ini lantaran surutnya ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter lanjutan.

Pound naik ke tingkat tertinggi 2,5 tahun ke 84,28 pence terhadap euro semalam dan telah menguat 1,7% terhadap dolar minggu ini. EURGBP terakhir berada di $1,3158.

Source : investing.com