Penguatan Dolar Didukung Peningkatan Data Pekerja AS & Perundingan Dagang

Penguatan Dolar Didukung Peningkatan Data Pekerja AS & Perundingan Dagang

Category : Currency

Dolar menguat pada Senin pagi setelah data menunjukkan peningkatan di pasar tenaga kerja AS, tetapi tertahan akibat kekhawatiran terhadap eskalasi perang dagang AS-Cina.

Indeks dolar di level 97,706 pada sesi perdagangan Asia, setelah naik 0,3% pada hari Jumat. Euro diperdagangkan pada $ 1,10575, setelah mencapai level terendah satu minggu di $ 1,10395 pada hari Jumat.

Menurut berita yang dilansir Reuters Senin (09/12), Payroll non pertanian AS meningkat menjadi 266.000 bulan lalu, kenaikan terbesar dalam 10 bulan, sementara tingkat pengangguran kembali turun ke 3,5%, level terendah dalam hampir setengah abad.

Angka-angka itu menunjukkan perang dagang 17-bulan antara pemerintahan Trump dengan Cina, yang telah menjerumuskan manufaktur ke dalam resesi, belum meluas ke ekonomi AS yang lebih luas.

Namun, para investor menilai hal itu dapat berubah jika ketegangan perdagangan meningkat lebih lanjut, terutama jika Trump melanjutkan dengan tarif yang direncanakan untuk produk senilai $ 156 miliar dari Cina mulai 15 Desember.

Pelaku pasar sebagian besar berasumsi bahwa tarif impor produk asal Cina akan turun atau setidaknya ditunda, mengingat Washington dan Beijing sepakat pada Oktober untuk bekerja pada kesepakatan perdagangan.

Source : investing.com