Dolar AS Stabil, Pasar Bersiap Hadapi Ragam Peristiwa Penting

Dolar AS Stabil, Pasar Bersiap Hadapi Ragam Peristiwa Penting

Category : Currency

USD/JPY dan yen menguat pada Selasa (10/12) pagi dan investor menjadi gelisah menjelang beragam peristiwa penting pekan ini mulai dari batas waktu penerapan tarif AS atas produk Cina, pemilihan umum di Inggris dan pertemuan bank sentral di Eropa dan Amerika Serikat.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Washington benar-benar akan melanjutkan putaran tarif baru pada hari Minggu, atau apakah kesepakatan dengan Cina dapat terwujud sebelum tarif diterapkan menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (10/12) pagi.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan Jumat lalu bahwa batas waktu 15 Desember masih tetap ada, tetapi laporan Bloomberg menyebut bahwa Menteri Pertanian AS Sonny Perdue mengatakan tarif tersebut mungkin tidak akan berlaku.

Terhadap yen Jepang dan euro, greenback berhasil mempertahankan kenaikan setelah mengalami penurunan pekan lalu, stabil di 108,56 yen dan $1,1064 per euro. Terhadap sejumlah mata uang, indeks dolar terakhir diperdagangkan di 97,644.

AUD/USD dan Selandia Baru masing-masing sedikit menguat di $0,6824 dan $0,6548.

Pemulihan dolar AS telah didukung oleh lonjakan perekrutan tenaga kerja di bulan November.

Data itu membuat para investor hampir yakin bahwa Federal Reserve AS akan mempertahankan suku bunga stabil Rabu setempat, yang telah meningkatkan fokus investor atas harapan gencatan perang dagang.

Di tempat lain, Bank Sentral Eropa (ECB) juga diharapkan bakal mempertahankan suku bunganya stabil, sementara nasib pound berada di tangan para pemilih dalam pemilihan umum di Inggris Kamis ini.

Sterling berada di $1,3144, tepat di bawah level tertinggi tujuh bulan pekan lalu pasca jajak pendapat menunjukkan kemenangan partai konservatif Inggris yang cukup menentukan untuk mengamankan suara mayoritas di parlemen.

Source : investing.com