Laju Harga Emas Diprediksi Terbatas Jelang Tutup Tahun

Laju Harga Emas Diprediksi Terbatas Jelang Tutup Tahun

Category : Comodities

Harga emas jelang tutup tahun 2019 akan dipengaruhi berbagai faktor. Sejumlah analis memperkirakan pergerakan harga emas akan terbatas jelang tutup tahun.

“Emas telah bekerja dengan sangat baik dalam membentuk batas bawahnya yaitu di level USD 1.460. Ini adalah fondasi. Ini adalah dukungan teknis yang kuat karena mulai memasuki waktu musiman, yang dimulai sekitar seminggu dari sekarang,” kata Baruch seperti dikutip dari Kitcho.com, Senin (16/12/2019).

“Secara keseluruhan, dari segi teknisnya mendukung. Masih banyak ketidakpastian di luar sana. Saya pikir emas harus diperdagangkan lebih tinggi. Tetapi, perlu ada lebih banyak katalis jangka pendek,” tambahnya.

Minggu depan akan menjadi minggu terakhir tahun ini.

Ketika musim liburan dimulai, biasanya volume perdagangan akan lebih ringan, yang dapat menyebabkan pergerakan tambahan pada harga emas.

“Banyak orang akan keluar dari pasar saat liburan dimulai. Volume yang lebih ringan dapat menyebabkan beberapa tindakan,” kata ahli strategi komoditas TD Securities, Ryan McKay. 2 dari 3 halaman


Prediksi Pergerakan Harga Emas

Pasar Saham Global Bergejolak, Harga Emas Ikut Turun

Banyak yang masih tergantung pada data minggu depan, dengan rilis utama adalah pengeluaran domestik bruto AS dan pengeluaran konsumsi pribadi pada hari Jumat. Ini bisa membuat sesi volatile.

Kumpulan data lain yang perlu diperhatikan termasuk pertumbuhan manufaktur New York pada hari Senin; izin bangunan, permulaan perumahan dan tingkat pemanfaatan kapasitas, dan produksi industri pada hari Selasa; dan klaim pengangguran yang berkelanjutan, manufaktur Philly Fed, dan penjualan rumah yang datanya keluar pada hari Kamis.

“Banyak data yang keluar minggu depan. Klaim pengangguran adalah sentimen besar minggu ini. Ada banyak antisipasi untuk melihat apakah itu hanya satu kali atau tren baru,” kata ahli strategi pasar senior RJO Futures, Phillip Streible.

McKay mengamati level USD 1,485 per ounce akan menjadi batas atas harga emas dan USD 1,460 per ounce menjadi batas bawahnya.

Streible menambahkan bahwa ia akan merasa lebih optimis terhadap emas ketika ditutup di atas USD 1,491.60 per ounce. Itu menjadi level tertinggi dalam lima minggu ini.

Source : liputan6.com