Harga emas konsolidasi setelah naik 15% sejak awal tahun

Harga emas konsolidasi setelah naik 15% sejak awal tahun

Category : Comodities

Harga emas merambat turun di awal perdagangan hari ini. Kamis (19/12) pukul 7.51 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.475,21 per ons troi, turun tipis dari US$ 1.475,40 per ons troi pada penutupan perdagangan kemarin.

Sementara harga emas berjangka untuk kontrak Februari 2020 di Commodity Exchange berada di US$ 1.479,10 per ons troi, menguat tipis dari harga kemarin pada US$ 1.478,70 per ons troi.

Harga emas cenderung tertahan oleh penguatan kurs dolar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir. “Penguatan dolar memberatkan langkah emas, ditambah dengan adanya kesepakatan dagang yang menghilangkan kebutuhan untuk masuk ke safe haven,” kata Edward Meir, analis ED&F Man Capital Markets kepada Reuters.

Apalagi, rilis data ekonomi AS pekan ini cenderung positif. Produksi manufaktur AS bulan November naik lebih tinggi ketimbang prediksi. Hal ini menyebabkan potensi pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve menjadi makin jauh.

Meski cenderung flat sepekan ini, harga emas telah mencatat kenaikan tahunan terbesar sejak 2010. Harga emas spot sudah naik 15,03% sejak awal tahun hingga pagi ini.

Sejumlah penopang harga emas selanjutnya antara lain Brexit yang masih berlanjut. Inggris menetapkan tenggat waktu Desember 2020 untuk mencapai kesepakatan perdagangan baru dengan Uni Eropa. Di AS, pemakzulan Presiden AS Donald Trump yang tengah dalam proses pada hari ini bisa sedikit mempengaruhi pergerakan harga emas.

Source : kontan.co.id