Dolar AS Menguat Didorong Optimisme Kesepakatan Dagang, Dolar Aussie Mengikuti

Dolar AS Menguat Didorong Optimisme Kesepakatan Dagang, Dolar Aussie Mengikuti

Category : Currency

USD/JPY berada di dekat level tertinggi enam bulan terhadap yen Jepang sementara dolar Australia menguat ke level tertinggi bulan Juli pada hari Jumat (27/12). Pergerakan tersebut didorong oleh berkurangnya ketegangan perdagangan antara Cina-Amerika Serikat.

Optimisme seputar prospek kesepakatan perdagangan mengurangi permintaan atas mata uang safe haven seperti yen menurut laporan yang dilansir Reuters Jumat (27/12) pagi. Tetapi pasar mata uang global tak banyak memberikan pergerakan berarti karena masih dalam suasana liburan setelah Hari Natal Rabu sehingga aktivitas perdagangan keseluruhan tetap bergerak tenang.

Beijing mengatakan Rabu bahwa pihaknya terus menjalin komunikasi erat dengan Washington terkait upacara penandatanganan kesepakatan perdagangan, sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia dan Presiden Cina Xi Jinping akan mengadakan upacara untuk menandatangani kesepakatan perdagangan awal.

Dolar AS sebelumnya naik ke level 109,68 terhadap mata uang yen Jepang, yang merupakan tingkat tertinggi satu minggu dan tidak jauh dari 109,73 yen, level puncak akhir Mei disentuh pada awal bulan ini. Di perdagangan Asia, pasangan ini terakhir dikutip di kisaran 109,47 yen.

USD/AUD yang sensitif terhadap perdagangan menguat ke $0,6951 terhadap mata uang mitranya yakni Amerika Serikat. USD/EUR sedikit naik di $1,1117 terhadap greenback. USD/CNY luar negeri sedikit turun menjadi 6,9958 yuan per dolar.

Source : investing.com