Terus meroket, harga emas capai US$ 1.577,65 per ons troi karena konflik geopolitik

Terus meroket, harga emas capai US$ 1.577,65 per ons troi karena konflik geopolitik

Category : Comodities

Harga emas terus meroket, dan mencapai level tertingginya dalam hampir tujuh tahun terakhir. Senin (6/1) pukul 9.20 WIB, harga emas spot ada di US$ 1.577,65 per ons troi, naik 1,64% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 1.552,20 per ons troi.

Kenaikan harga emas terkerek ketegangan di Timur Tengah. Mengutip Reuters, Amerika Serikat mendeteksi peningkatan kewaspadaan pasukan rudal Iran, setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa AS akan membalas dengan cara yang mungkin tidak proporsional jika Iran menyerang orang atau target AS.

Parlemen Irak pada Minggu telah merekomendasikan agar seluruh pasukan asing keluar dari negara itu setelah AS membunuh seorang komandan militer Iran dan seorang pemimpin milisi Irak.

“Dengan indeks S&P 500 yang diperdagangkan di rekor tertinggi, emas menjadi lindung nilai terbaik pada kondisi sekarang dan akan menarik minat beli dari investor yang tidak ingin beli emas sekalipun,”  kata Stephen Innes, chief market strategist AxiTrader Ltd dalam catatan yang dikutip Bloomberg.

Emas menjadi safe haven di tengah krisis geopolitik Timur Tengah. Dengan statusnya sebagai safe haven, harga emas meningkat di tengah situasi yang masih berpeluang memanas.

Source : kontan.co.id