Harga Minyak Turun, Pasar Tunggu Respons Iran atas Serangan AS

Harga Minyak Turun, Pasar Tunggu Respons Iran atas Serangan AS

Category : Comodities

Harga minyak melemah pada Selasa (07/01) pagi, menjauh dari level tertingginya dalam beberapa bulan tatkala pasar kembali tenang sementara dunia bersiap atas respons Iran terhadap pembunuhan komandan militer pentingnya oleh Amerika Serikat.

Minyak mentah Minyak Brent Berjangka turun 44 sen ke $68,47 per barel pada pukul 02.00 GMT menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (07/01) pagi, sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (Minyak Mentah WTI Berjangka) AS berada di $62,86 per barel, turun 41 sen.

Harga melonjak selama dua sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran meningkatnya konflik dan gangguan pasokan di Timur Tengah pasca serangan pesawat tak berawak 3 Januari lalu di Baghdad yang menewaskan Mayjen Iran Qassem Soleimani.

Sementara itu harga minyak kemungkinan juga akan mendapatkan dukungan dari kepatuhan yang lebih tinggi di antara anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam memenuhi pembatasan kuota produksi yang bertujuan mengurangi pasokan.

Anggota OPEC rata-rata memompa 29,50 juta barel per hari (bph) bulan lalu, turun 50.000 bph dari angka revisi November, menurut survei. Di Amerika Serikat, stok minyak mentah kemungkinan turun minggu lalu untuk minggu keempat berturut-turut lantaran ekspor yang meningkat berdasar survei hari Senin.

Analis memperkirakan, rata-rata, pasokan minyak mentah turun sekitar 4,1 juta barel dalam seminggu hingga 3 Januari. Persediaan produk olahan diperkirakan akan meningkat dengan stok bensin juga akan naik untuk minggu ke sembilan berturut-turut, survei menyebutkan.

Source : investing.com