Konflik Timur Tengah Lambungkan Yen Melaju ke Tingkat Tertinggi Tiga Bulan

Konflik Timur Tengah Lambungkan Yen Melaju ke Tingkat Tertinggi Tiga Bulan

Category : Currency

Aset safe haven seperti USD/JPY Jepang melonjak dan emas melesat tinggi pada Rabu (08/01) pagi setelah serangan roket yang menghantam pangkalan pasukan Amerika Serikat di Irak memperbaharui kekhawatiran akan konflik yang lebih luas pecah di Timur Tengah dan membuat investor segera masuk ke aset yang dianggap lebih aman.

Roket-roket ditembak pada beberapa sasaran termasuk pangkalan udara al Asad Irak, yang menampung pasukan AS, ungkap para pejabat anomin AS seperti yang dilansir Reuters pada Rabu (08/01) pagi.

Pentagon mengatakan rudal-rudal diluncurkan dari Iran, sementara kantor berita Iran Mehr melaporkan serangan itu diluncurkan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC).

Serangan tersebut terjadi beberapa jam setelah pemakaman komandan militer Iran yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad pekan lalu telah menjerumuskan Timur Tengah ke dalam krisis baru dan memicu kekhawatiran memanasnya situasi kawasan.

Yen, yang dianggap sebagai aset safe haven di saat terjadi gejolak pasar karena status Jepang sebagai kreditor terbesar dunia, naik 0,6% ke tingkat tertinggi tiga bulan di 107,74 per dolar.

Masih belum jelas dampak kerusakan atau keadaan dan jumlah korban atas serangan tersebut.

Presiden AS Donald Trump telah diberi pengarahan tentang serangan di Irak dan kini tengah memantau situasinya, ujar juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham.

Arus perpindahan ke safe haven juga mendorong franc Swiss naik 0,3% ke 0,9674 per dolar, dan mendukung greenback yang kembali bertenaga pasca rilis positif data AS semalam.

Dolar AS menguat sebesar 0,3% terhadap dolar Selandia Baru dan mencapai titik tertinggi tiga bulan terhadap Aussie yang telah merosot karena pasar mulai berspekulasi bahwa korban ekonomi dari kebakaran hutan yang melanda negara itu dapat memaksa dilakukannya penurunan suku bunga.

Source : investing.com