Tensi Timur Tengah Surut Topang Penguatan Dolar AS

Tensi Timur Tengah Surut Topang Penguatan Dolar AS

Category : Currency

Dolar AS tampaknya akan mencatatkan minggu terbaiknya dalam dua bulan pada hari Jumat (10/01). Penguatan tersebut didukung oleh meredanya ketegangan Timur Tengah dan data ekonomi AS yang optimis.

USD/JPY sepekan ini menguat sebesar 1,3% terhadap yen menurut laporan yang dilansir Reuters Jumat (10/01) pagi, dan indeks dolar AS naik sebesar 0,6% terhadap sejumlah mata uang.

Prospek perang di Timur Tengah kembali surut pada hari Rabu (10/01) ketika Amerika Serikat dan Iran mundur dari konfrontasi lanjut menyusul serangan pesawat tanpa awak AS yang menewaskan seorang komandan militer Iran dan serangan Iran terhadap pangkalan militer pasukan AS di Irak sebagai respons.

Sementara itu telah ada banyak sinyal ekonomi yang kuat, dengan data menunjukkan kenaikan di sektor layanan AS, klaim pengangguran turun dan perekrutan sektor swasta solid.

USD/EUR stabil di $1,1105 per euro dan $ 1,3066 per pound. Terhadap yen, dolar bertahan di 109,53, mendekati level tertinggi dua minggu semalam. Dolar AS juga mendekati tingkat tertinggi tiga minggu terhadap dolar Selandia Baru di $0,6611.

Pergerakan mata uang selanjutnya kemungkinan akan ditentukan oleh data pasar tenaga kerja bulan Desember pada hari Jumat ini yang akan dirilis pukul 13.30 GMT. Perkiraan konsensus adalah akan menambah 164.000 pekerjaan untuk bulan Desember, menyusul kenaikan 266.000 pekerjaan pada bulan November.

Source : investing.com