Yen Terus Menguat, Pasar Tunggu Penandatanganan Kesepakatan

Yen Terus Menguat, Pasar Tunggu Penandatanganan Kesepakatan

Category : Currency

Mata uang yen Jepang terus menunjukkan tren penguatan dan Yuan Cina justru bergerak melemah pada Rabu (15/01) pagi dengan investor mata uang terus menunggu momen penandatanganan kesepakatan perdagangan AS-Cina.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Rabu (15/01) pagi, kesepakatan resmi AS-Cina bertujuan menghentikan perang tarif kedua negara yang berlangsung hampir selama 18 bulan yang telah merugikan pertumbuhan global.

Namun disisi lain kesepakatan itu menjadi tanda hubungan yang lebih mesra antara dua ekonomi utama dunia ini tapi tetap rapuh setelah Selasa malam waktu setempat Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan bahwa tarif atas produk impor Cina akan tetap berlaku, sambil menunggu perundingan lebih lanjut.

Hal tersebut merugikan mata uang yuan yang sensitif dengan perdagangan Cina dan mata uang ini melemah serta mendorong kenaikan yen. Tetapi pergerakan pasar pagi ini terlihat tenang lantaran pasar terus menunggu penandatanganan kesepakatan tersebut.

USD/CNY melemah sebesar 0,2% ke 6,8990 di perdagangan luar negeri. USD/JPY menguat hampir 0,1% di 109,91. Euro stabil di $1,1129 dan franc Swiss tetap stagnan di 0,9672 per dolar.