Dolar AS dan Yuan Cina Bergerak Damai Pasca Kesepakatan Dagang

Dolar AS dan Yuan Cina Bergerak Damai Pasca Kesepakatan Dagang

Category : Currency

Dolar AS dan yuan Cina keduanya tetap stabil sehari setelah Cina dan Amerika Serikat menandatangani kesepakatan perdagangan tahap satu yang bertujuan meredakan ketegangan antara dua perekonomian terbesar di dunia itu.

Penandatanganan kesepakatan pada hari Rabu 15 Januari di AS menyokong pasar ekuitas dan memberikan stabilitas pada mata uang.

Indeks Dolar AS Berjangka sedikit melemah dengan turun 0,02% ke 97,30 pada pukul 8:30 PM ET (01:30 GMT). Indeks dolar AS tetap stabil setelah jatuh pada awal tahun.

Bank Rakyat Cina (PBOC) menetapkan tingkat referensi untuk yuan di 6,8878 pada hari Jumat, dibandingkan dengan 6,8807 pada hari Kamis. Pasangan USD/CNY pada dasarnya bergerak mendatar atau turun tipis 0,01% menjadi 6,8759 pada Jumat pagi.

Cina diperkirakan akan merilis data PDB untuk kuartal keempat nanti pada hari Jumat, setelah rilis angka ekspor dan impor bulanan di awal minggu yang menunjukkan ekspor naik pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam lima bulan dan pertumbuhan impor melampaui perkiraan. Ekspor dari Cina naik sebesar 7,6% YoY di bulan Desember sementara impor melonjak 16,3%, lompatan bulanan terbesar selama lebih dari setahun.

Yen terus melemah terhadap dolar AS. Pasangan USD/JPY naik 0,04% menjadi 110,19.

Pasangan AUD/USD turun sebesar 0,17% dan NZD/USD mundur 0,08%.

Source : investing.com