Emas Stabil di Level $1.560 Ditengah Kekhawatiran Wabah Virus Korona

Emas Stabil di Level $1.560 Ditengah Kekhawatiran Wabah Virus Korona

Category : Comodities

Emas hanya sedikit berubah dari penutupan Kamis (23/01) naik ke level $1.562,5 selama sesi Asia pada Jumat (24/01) pagi. Harga emas baru-baru ini mendapat dorongan naik dari sentimen risiko pasar di tengah kekhawatiran wabah virus dari Cina dan juga berita utama perdagangan. Namun, kenaikan dolar AS tampaknya membatasi penguatan logam kuning ini.

Menurut laporan yang dilansir FXStreet Jumat (24/01) pagi, wabah virus korona Cina memicu aksi migrasi dari aset berisiko menuju aset safe haven. Sejauh ini, penyakit yang ditularkan antar manusia telah merenggut 17 korban jiwa dan menyebar keluar dari perbatasan Cina yang menimbulkan kekhawatiran akan kejadian penyebaran virus Sindrom Pernafasan Akut Berat (SARS) yang telah merenggut 774 korban jiwa pada 2002/03 kembali terulang. Pembaruan terbaru menunjukkan bahwa Jepang mengonfirmasi kasus kedua virus korona sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih yakin masih terlalu dini untuk menyebutnya sebagai ancaman internasional.

Di sisi perdagangan, pasar tampaknya telah berpaling dari perang dagang AS-Cina tetapi pergolakan AS-Uni Eropa akhir-akhir ini mendapatkan perhatian utama. Alasannya adalah status kawasan itu sebagai pelanggan terbesar AS. Juga bergabung dengan sinyal perang dagang adalah ancaman Presiden AS Donald Trump untuk memungut tarif bagi produk asal Inggris.

Selain itu, rapat dengar pendapat pemakzulan Presiden AS Trump, serta masalah geopolitik di Timur Tengah juga berkontribusi pada sentimen perdagangan.

Source : investing.com