Sentimen Virus Dorong Penguatan Yen, Rapat ECB Batasi Pergerakan Euro

Sentimen Virus Dorong Penguatan Yen, Rapat ECB Batasi Pergerakan Euro

Category : Currency

Kekhawatiran mewabahnya virus korona di Cina turut menopang mata uang yen, Euro mendekati level terendah tujuh minggu terhadap dolar pada hari Jumat (24/01) setelah rapat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) dipandang lebih dovish dari ekspektasi sebelumnya.

Menurut laporan Reuters Jumat (24/01) pagi, euro bergerak di kisaran $1,1055 dan menyentuh level terendah tujuh minggu di $1,1036 pada perdagangan di AS menurut laporan yang dilansir Reuters Kamis (24/01) pagi setelah ECB mempertahankan suku bunga stabil dan meluncurkan peninjauan luas atas kebijakannya.

Presiden ECB Christine Lagarde Kamis berusaha untuk mendefinisikan kembali tujuan utama ECB dan bagaimana mencapainya karena tahun-tahun percobaan bank sentral Eropa ini dengan suku bunga negatif dan pelonggaran kuantitatif telah gagal memberikan tingkat inflasi yang ditargetkan.

Lagarde mengatakan pada konferensi pers bahwa risiko terhadap pertumbuhan di kawasan euro tetap condong ke bawah dan trader memandang nada keseluruhan kebijakan dovish.

USD/EUR juga melemah oleh ancaman virus korona di Cina lantaran beberapa negara dalam blok mata uang tersebut, utamanya Jerman, memiliki eksposur perdagangan besar dengan raksasa ekonomi Asia yakni Cina.

Kekhawatiran atas penyakit baru ini memperkuat pergerakan USD/JPY, yang diperdagangkan pada 109,55 yen terhadap dolar, setelah naik ke tingkat tertinggi dua minggu di 109,26 pada hari Kamis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyimpulkan Kamis bahwa “agak terlalu dini” untuk menyatakan virus korona baru sebagai status keadaan darurat kesehatan global dan keputusan itu memberikan bantuan bagi pasar finansial.

Source : investing.com