Harga emas terangkat virus corona

Harga emas terangkat virus corona

Category : Comodities

Harga emas turun tipis setelah akhir pekan lalu mencapai level tertinggi sejak April 2013. Senin (3/2) pukul 7.41 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.585,30 per ons troi.

Harga emas turun 0,24% ketimbang harga penutupan perdagangan Jumat (31/1) lalu pada US$ 1.589,16 per ons troi. Harga emas akhir pekan lalu mencapai level tertinggi sejak 2 April 2013.

Akhir pekan lalu harga emas melesat 0,94%. Lonjakan di hari terakhir perdagangan bulan Januari ini menyebabkan harga emas mencapai kenaikan bulanan tertinggi dalam lima bulan terakhir. Sepanjang Januari, harga emas naik 4,74%.

“Virus corona masih menjadi faktor kuat penopang harga emas karena bisa menekan pertumbuhan ekonomi global,” kata David Meger, director of metals trading High Ridge Futures kepada Reuters.

World Health Organization (WHO) menyatakan epidemik global darurat setelah virus ini menewaskan lebih dari 200. Data terakhir hari ini menunjukkan korban meninggal di China mencapai 361 orang.

“Pada titik ini, virus tidak bisa diabaikan dalam ekonomi China. Akan ada tekanan pertumbuhan dengan skala yang sulit diperhitungkan untuk saat ini,” kata Ilya Spivak, senior currency strategist DailyFx.

Citigroup menurunkan prediksi pertumbuhan ekonomi China tahun ini dari 5,8% menjadi 5,5%. Bank ini pun memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi China kuartal pertama menjadi 4,8%.

JPMorgan menurunkan prediksi pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,3% pada kuartal pertama ini.

Source : kontan.co.id