Data Manufaktur Positif Dorong Kenaikan Dolar AS

Data Manufaktur Positif Dorong Kenaikan Dolar AS

Category : Currency

Dolar AS menguat pada Selasa (04/02) setelah survei manufaktur utama di AS menunjukkan pemulihan yang mengejutkan, sementara kekhawatiran tentang meluasnya wabah virus korona di Cina membuat yuan dan dolar Australia bergerak terbatas.

Indeks dolar AS (US Dollar Index) naik 0,44% menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (04/02) pagi, kenaikan terbesar sepanjang tahun ini, dan terakhir berada di 97,802.

Pergerakan tersebut didorong laporan dari Institute for Supply Management (ISM) yang mengungkapkan melaporkan bahwa aktivitas pabrik AStak diduga melonjak pada bulan Januari setelah berkontraksi selama lima bulan berturut-turut di tengah lonjakan pesanan baru.

Terhadap yen, dolar AS diperdagangkan 108,62 per yen, setelah naik 0,3% pada hari Senin, kenaikan terbesar dalam tren penurunan yang dimulai pada pertengahan Januari.

Euro kini bergerak di $1,1062, setelah turun 0,3% pada hari Senin.

Di Asia, virus korona tetap menjadi perhatian lantaran jumlah kasus dan kematian yang menunjukkan sedikit tanda perlambatan.

Yuan luar negeri diperdagangkan di 7,0127 yuan per dolar, bertahan sedikit di atas tingkat terendah satu bulan di 7,0230 per dolar yang dicapai pada perdagangan Eropa Senin.

Dolar Australia bergerak di sekitar $0,6690, titik terendah 10,5 tahun di $0,6670 yang disentuh Oktober lalu, menjelang keputusan suku bunga Reserve Bank of Australia (RBA).

Source : investing.com