Harga Minyak Anjlok Akibat Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Harga Minyak Anjlok Akibat Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Category : Comodities

Harga minyak pada Senin (10/02) memperpanjang penurunan dari level puncak awal Januari di atas $70 seiring meningkatnya kegelisahan atas kelebihan pasokan di pasar setelah penyebaran wabah virus korona menghantam permintaan di Cina, negara importir minyak terbesar di dunia.

Minyak mentah Minyak Brent Berjangka mencapai titik terendah $53,63 per barel dan berada di $54,09 pada pukul 01.00 GMT, turun 38 sen menurut laporan yang dilansir Reuters Senin (10/02) pagi. Minyak West Texas Intermediate (Minyak Mentah WTI Berjangka) AS melemah 38 sen ke $49,94 per barel setelah mencapai tingkat terendah di $49,56.

Kekhawatiran atas pasokan tidak juga berkurang pada hari Jumat ketika Rusia mengatakan perlu waktu lebih banyak untuk memutuskan rekomendasi dari komite teknis yang telah menyarankan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya untuk mengurangi produksi lanjutan sebanyak 600.000 barel per hari.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan Moskow membutuhkan lebih banyak waktu untuk meninjau situasi, menambahkan bahwa pertumbuhan produksi minyak AS akan melambat dan permintaan global masih kuat.

Trader minyak juga mengatakan mereka khawatir pengurangan yang diusulkan tidak akan cukup untuk memperketat pasar global.

Source : investing.com