Dolar AS dan Yen Jepang Kompak Menguat Masih Didukung Sentimen Virus

Dolar AS dan Yen Jepang Kompak Menguat Masih Didukung Sentimen Virus

Category : Currency

Dolar AS dan yen Jepang masih menguat pada Selasa (11/02) pagi di tengah kerisauan terkait penyebaran virus korona membuat investor beralih menuju aset safe haven.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (11/02) pagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan semalam bahwa penyebaran kasus virus antar manusia yang belum pernah terjadi di Cina bisa menjadi “percikan api yang menjadi api yang lebih besar”.

Virus korona telah menewaskan 1.016 orang di Cina, kata pejabat kesehatan Cina pada hari Senin, terlepas juga melaporkan penurunan jumlah kasus baru setiap harinya.

Dolar AS, dipandang sebagai tempat berlindung karena posisinya sebagai mata uang cadangan dunia, berada di tingkat tertinggi empat bulan terhadap euro (USD/EUR pada $1,0910. Terhadap euro dan sejumlah mata uang, indeks dolar AS juga berada di posisi tertinggi empat bulan di 98,832.

Greenback menyentuh level tertinggi tiga bulan di $0,6378 per dolar Selandia Baru, dan di $0,6686 per dolar Australia tidak jauh di atas puncak 10 tahun di 0,6657 dicapai pada hari Senin.

Yen USD/JPY bergerak cukup stabil terhadap dolar – terakhir ada di kisaran 109,75 yen per dolar – tetapi terus menguat terhadap mata uang Asia lainnya.

Source : investing.com