Harga minyak bergerak terbatas usai penguatan mingguan terbesar di pekan lalu

Harga minyak bergerak terbatas usai penguatan mingguan terbesar di pekan lalu

Category : Comodities

Harga minyak bergerak terbatas menyusul kenaikan mingguan terbesarnya di tahun ini, setelah China, Hong Kong dan Singapura berjanji memberikan stimulus untuk membuat ekonomi di kawasan pulih dari dampak virus corona.

Mengutip Bloomberg, Senin (17/2), pukul 08.00 WIB, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Maret 2020 di Nymex naik 16 sen menjadi US$ 52,21 per barel. Kenaikan ini melanjutkan penguatan pada Jumat (14/2) yang mencapai 1,2%.

Sementara untuk harga minyak jenis Brent kontrak pengiriman April 2020 di ICE Futures tergelincir 3 sen menjadi US$ 57,29 per barel. Namun, pada akhir pekan lalu, harga minyak jenis ini telah naik 93 sen menjadi US$ 57,32 per barel.

Pekan lalu, minyak berhasil menguat karena kekhawatiran atas dampak pada permintaan global akibat virus corona mulai mereda.

Terlebih China sudah menyebutkan akan memberikan stimulus meski ada kesenjangan fiskal yang melebar, termasuk pajak perusahaan yang lebih rendah.

Namun, minyak juga masih dihantui penyebaran virus corona khususnya di Provinsi Hubei, pusat penyebaran yang melaporkan jumlah kasus baru mencapai 1.933, lebih tinggi dari hari sebelumnya.

Source : kontan.co.id