Harga Minyak Terus Anjlok ke Tingkat Terendah Dalam 4 Tahun

Harga Minyak Terus Anjlok ke Tingkat Terendah Dalam 4 Tahun

Category : Comodities

Harga minyak terus anjlok selama enam sesi berturut-turut pada Jumat (28/02) pagi dan kini akan mencatatkan penurunan mingguan sekitar 12%, tingkat kejatuhan terbesar selama lebih dari empat tahun. Tren pelemahan minyak terjadi lantaran dipicu oleh penyebaran virus covid-19 di luar Cina meningkatkan kekhawatiran perlambatan permintaan global.

Virus covid-19, yang telah menewaskan 2.700 orang lebih di Cina, telah menyebar di 46 negara dan menyebabkan 57 orang meninggal menurut laporan Reuters Jumat (28/02) pagi. Investor khawatir epidemi virus bisa berubah menjadi pandemi dan memberikan pukulan yang merusak bagi perekonomian global.

Kontrak minyak mentah Minyak Brent Berjangka paling aktif untuk Mei anjlok 90 sen, atau sebesar 1,7%, di $50,83 per barel pada pukul 01.41 GMT, tingkat terendah 14 bulan. Kontrak bulan depan April berakhir hari ini.

Minyak acuan internasional, yang jatuh sekitar 2% pada sesi Kamis setempat, telah turun sekitar 12% minggu ini dan menuju penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan Januari 2016.

Minyak mentah Minyak Mentah WTI Berjangka (WTI) anjlok 73 sen, atau sebesar 1,6%, di $56,36 per barel. Minyak mentah AS telah jatuh sekitar 13% untuk minggu ini, penurunan mingguan terbesar sejak November 2014.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Kamis bahwa semua negara perlu mempersiapkan diri untuk memerangi virus di tengah laporan jumlah kasus di seluruh dunia sekarang melampaui kasus yang ada di Cina. Dan para pejabat kesehatan AS mendesak warga Amerika untuk mulai bersiap menghadapi penyebaran virus di Amerika Serikat awal pekan ini.

Source : investing.com