Emas Capai $1.600, Kenaikan Terbatas Karena Peningkatan Risiko

Emas Capai $1.600, Kenaikan Terbatas Karena Peningkatan Risiko

Category : Comodities

Harga emas kembali mencapai level kunci $1.600 namun kenaikan terbatas dipicu risiko perdagangan, termasuk dalam minyak dan saham, kembali terjadi pada Senin yang berharap pada upaya bank sentral global dalam memerangi virus covid-19.

“Meskipun masih tetap bullish pada emas untuk jangka panjang, saya sekarang berpikir harga dapat terus memperbaiki diri untuk sementara waktu sebelum mulai mendorong lebih tinggi lagi,” kata Fawad Razaqzada, chartist teknis di forex.com untuk komoditas makro dan mata uang.

Emas Berjangka untuk pengiriman April di New York COMEX ditutup naik $28,10, atau 1,8%, menjadi $1,594,80 per ons.

XAU/USD, berada di level $1.595,08, atau 0,7%, pada pukul 14:15 ET (02:15 WIB).

Baik {{A.S. minyak mentah}} dan patokan minyak Brent Inggris melonjak sekitar 5%, sementara tiga indeks saham utama Wall Street masing-masing naik lebih dari 2% dipicu ekspektasi pemotongan produksi OPEC dan janji-janji stimulus global untuk melawan virus covid-19.

Fed funds futures memperkirakan peluang 100% Federal Reserve akan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan 18 Maret mendatang, Fed Rate Monitor Tool Investing.com menunjukkan.

Bank of Japan dan Bank of England kedua bank sentral mengatakan siap mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan pasar. Para menteri keuangan G-7 dijadwalkan mengadakan konferensi jarak jauh minggu ini untuk mengoordinasikan tanggapan terhadap penyebaran virus.

George Gero, yang mengawasi portofolio logam mulia untuk RBC Wealth Management di New York, mendukung penilaian Razaqzada bahwa emas akan naik, meskipun masih berpeluang berubah dengan cepat.

Source : investing.com