Minyak Beragam Setelah Fed Pangkas Suku Bunga & Tekanan Jelang Rapat OPEC

Minyak Beragam Setelah Fed Pangkas Suku Bunga & Tekanan Jelang Rapat OPEC

Category : Comodities

Harga minyak ditutup beragam pada Rabu pagi setelah Federal Reserve memangkas suku bunga diliputi ketidakpastian menjelang pertemuan OPEC yang membahas mengenai pengurangan produksi.

Minyak Mentah WTI Berjangka, patokan minyak mentah AS, naik 43 sen, atau 0.9%, menjadi $47.18 per barel. WTI naik 4.5% pada hari Senin setelah penurunan 16% minggu lalu, penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan Desember 2008.

Lonjakan pada hari Selasa terjadi setelah Federal Reserve memangkas suku bunga pinjaman 50 basis poin jelang pertemuan yang dijadwalkan 18 Maret. The Fed secara singkat meningkatkan optimisme di kalangan investor yang mengharapkan stimulus untuk pasar yang terpukul oleh epidemi virus covid-19.

Namun, Minyak Brent Berjangka, patokan global yang diperdagangkan di London untuk minyak mentah, turun 4 sen, atau 0.07%, menjadi $51.86. Naik 4.5% di sesi sebelumnya.

Sebelumnya pada hari Selasa, WTI dan Brent masing-masing naik sekitar 4% sebelum jatuh kembali di tengah kekhawatiran mengenai hasil putusan OPEC di akhir pekan ini.

13 anggota OPEC membuka pertemuan rutin tahunan pada hari Kamis sebelum sesi khusus pada hari Jumat dengan 10 negara penghasil lainnya dipimpin oleh Rusia, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+.

Arab Saudi, yang mendominasi kelompok itu, sedang berusaha mendorong kesepakatan untuk memotong 1 juta barel per hari menambah 2,1 juta barel per hari yang sudah disepakati pada Desember. Rusia, yang kerjasamanya sangat penting untuk pemangkasan, belum memberikan lampu hijau kepada Saudi.

Source : investing.com