Emas Melemah Tipis Dipicu Rencana Stimulus Trump

Emas Melemah Tipis Dipicu Rencana Stimulus Trump

Category : Comodities

Emas melanjutkan tren penurunan dari level $1.700 pada hari Senin karena investor fokus kembali pada risiko menyusul langkah-langkah stimulus yang diusulkan Pemerintahan Trump untuk berbagai sektor ekonomi AS yang terkena dampak negatif virus covid-19.

Berdasarkan data investing.com pukul 7.30 WIB, Emas Berjangka untuk pengiriman April di New York COMEX ditutup turun $5.10, atau hampir 0.31%, menjadi $1.654,60 per ons.

Emas bulan April sempat mencapai tertinggi tujuh tahun di level $1.703.90 pada hari Senin karena gejolak di pasar global akibat jatuhnya harga minyak mendorong harga logam kuning lebih tinggi setelah reli 7% minggu lalu. Logam kuning akhirnya menyelesaikan perdagangan Senin hanya sedikit lebih tinggi.

Sementara XAU/USD naik $6,41, atau 0.38%, menjadi $1,655.70. Pada hari Senin, kontrak spot mencapai tertinggi tujuh tahun di level $1.703,10.

“Harga emas mengalami penurunan karena investor mulai mengurangi skala taruhan berisiko mereka,” kata Ed Moya dari platform perdagangan online OANDA.

Pemerintahan Trump sedang mempersiapkan paket langkah-langkah ekonomi untuk memerangi dampak dari wabah Covid-19 yang menurut laporan media dapat mencakup bantuan untuk industri pengiriman, maskapai penerbangan dan minyak serpih.

Bloomberg melaporkan bahwa Trump ingin pembebasan pajak penghasilan sampai pemilihan November sehingga pajak tidak akan naik sebelum pemilih memutuskan apakah Trump sksn kembali terpilih, menurut tiga orang yang akrab dengan pernyataan presiden.

“Itu salah satu hal yang kami bicarakan,” kata presiden kepada wartawan, merujuk pada pembebasan pajak penghasilan, yang disampaikan saat hadir dalam pertemuan makan siang dengan para senator dari partai Republik.

Source : investing.com