Rupiah Melemah Tipis, AS-Jepang Genjot Stimulus dan RI Siap Potong Pajak

Rupiah Melemah Tipis, AS-Jepang Genjot Stimulus dan RI Siap Potong Pajak

Category : Currency

Nilai tukar USD/IDR beranjak melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (11/03) pagi. Rupiah turun tipis sebesar 0,12% atau berkurang 17,5 poin di 14.357,5 per dolar AS pukul 11.43 WIB berdasar data Investing.com.

Sejak pagi hingga siang hari ini menurut Liputan6 Rabu, rupiah bergerak di kisaran 14.305 per dolar AS hingga 14.335 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah tertekan 3,37 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan lanjut laporan bahwa upaya pemerintahan negara maju yang kemarin hampir serentak mengumumkan rencana stimulus, telah membantu meningkatkan minat pasar terhadap resiko.

Pemerintah Jepang akan memberikan stimulus sebesar 430,8 miliar yen atau sekitar Rp58,8 triliun untuk mengatasi dampak wabah COVID-19. Selain itu, bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ) juga aktif melakukan pembelian obligasi di pasar.

Sedangkan pemerintah AS pimpinan Presiden Donald Trump sudah memasuki masa pembahasan stimulus fiskal bersama Kongres seperti diberitakan CNBC Indonesia Rabu. Gedung Putih mengajukan anggaran US$ 8,3 miliar yang salah satu penggunaannya adalah untuk pengembangan vaksin. Trump juga menjanjikan bakal ada penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh).

Dari dalam negeri mengutip laporan, para pelaku pasar tengah menunggu stimulus yang akan diberikan oleh pemerintah RI guna mendorong ekonomi setelah adanya wabah virus corona (COVID-19). Salah satu stimulus yang ditunggu adalah apakah akan ada pemotongan pajak PPh 21, 22 dan 25.

Source : investing.com