Euro Menguat Jelang Pidato Trump dan Tanggapan ECB Hadapi Covid-19

Euro Menguat Jelang Pidato Trump dan Tanggapan ECB Hadapi Covid-19

Category : Currency

Euro bergerak menguat pada Kamis (12/03) pagi. Pasar kini menunggu untuk memantau seberapa agresif Bank Sentral Eropa (ECB) akan memerangi gejolak ekonomi dampak dari virus covid-19 pasca penurunan tingkat suku bunga darurat di AS dan Inggris.

Investor berharap ECB akan memangkas suku bunga utamanya sebanyak 10 basis poin. Tapi masih belum pasti karena suku bunganya sudah pada rekor terendah -0,5% dan pemotongan lebih lanjut dapat merusak margin perbankan dan menekan sektor pinjaman.

Pasar juga menanti pernyataan dari Presiden AS Donald Trump 01.00 GMT, yang telah merendahkan risiko dari virus covid-19. Tetapi mengatakan akan membahas ekonomi dan pelayanan kesehatan dalam pernyataan tersebut.

EUR/USD bergerak menguat sebesar 0,48% pagi ini di $1,1260 pukul 09.30 WIB menurut data Investing.com. Ini merupakan pergerakan euro yang paling tenang dalam seminggu ini di mana kurs telah melonjak dalam ekspektasi penurunan suku bunga lebih lanjut di Amerika Serikat.

Konferensi pers ECB bakal dilaksanakan pukul 12.30 GMT waktu Frankfurt, setelah pertemuan kebijakan moneter.

Sementara itu Sterling mengurangi kerugiannya setelah Bank of England (BOE) memberikan kejutan penurunan suku bunga sebanyak 50 basis poin bersama dengan paket stimulus pemerintah senilai $39 miliar. Sterling terakhir naik 0,05% di 1,2826 berdasar data Investing.com.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) semalam menyatakan wabah virus covid-19 sebagai pandemi. Italia kini telah menutup semua toko di negara itu kecuali supermarket, toko makanan, dan apotek.

Source : investing.com