Harga Emas dan Bursa Global Jatuh Pasca Pernyataan Pandemi WHO

Harga Emas dan Bursa Global Jatuh Pasca Pernyataan Pandemi WHO

Category : Comodities

Bahkan emas pun tak mampu menghindari kejatuhan pasar yang telah mengguncang mayoritas bursa dan harga komoditas ini terus jatuh pada Kamis (12/03) pagi di Asia.

Emas Berjangka untuk penyerahan April turun sebesar 0,40% di $1,635.70 pada pukul 11.57 WIB berdasar data Investing.com setelah ditutup di $1,642,30 sehari sebelumnya.

Penurunan ini menandai hari kedua kerugian yang diderita logam kuning dan meski bursa saham di AS dan Asia juga mengalami pelemahan tajam. Indeks Dow Jones di AS nilainya berkurang lebih dari 20% dari titik tertinggi sebulan lalu. S&P/ASX 200 Australia juga melemah hari ini.

Kerugian tersebut terjadi setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan virus covid-19 menjadi pandemi selama konferensi pers di Jenewa, Rabu.

Direktur Jenderal WHO Dr.Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan sinyal peringatan itu dengan “nyaring dan jelas”, menambahkan bahwa WHO “sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan, dan juga lambannya tingkat respons yang ada.”

Presiden AS Donald Trump akan menyampaikan pidato di Gedung Putih pada pukul 21:00 ET untuk mengumumkan tanggapan atas meningkatnya ancaman kesehatan dan menyatakan penutupan semua akses antara Eropa dan AS selama 30 hari mulai Jumat ini.

Source : Investing.com