Trump Larang Perjalanan dari Eropa, Harga Emas Naik Tipis

Trump Larang Perjalanan dari Eropa, Harga Emas Naik Tipis

Category : Comodities

Harga emas naik tipis pada hari Kamis di tengah kekhawatiran terkait dampak ekonomi dari wabah virus korona. Hal ini terjadi karena Amerika Serikat (AS) melarang perjalanan dari Eropa yang sedang dilanda virus korona. Meskipun kenaikan harga emas terbata, para investor menutup sebagian margin setelah terjun dalam ekuitas.

Harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi USD1.637.33 per ons. Semantara, harga emas berjangka AS turun 0,3% menjadi USD1.637.20. Demikian seperti dilansir Reuters, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

“Larangan perjalanan adalah kejutan besar bagi pasar dan menunjukkan bahwa investor belum melihat kejatuhan finansial penuh dari virus korona,” kata analisis IG Markets Kyle Rodda.

Presiden Donald Trump pada hari Rabu mengumumkan penanguhan semua perjalanan dari dan ke Eropa kecuali Inggris selama 30 hari yang menyebabkan aksi jual di pasar saham global dan dolar.

“Emas merasakan sedikit dari jatuhnya pasar keuangan dan larangan berpergian. Jadi, investot akan menjauhkan uang dari pasar untuk beberapa waktum karena itu kami telah melihat beberapa tekanan jual dalam emas,” kata Asisten Wakil Presiden Penelitian Komoditas di SMC Comtrade Vandana Bharti.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu menjelaskan virus korona sebagai pandemi yang telah menyebabkan lebih dari 119.100 orang terinfeksi di seluruh dunia.

Source : okezone.com