Emas Naik Dipicu Jatuhnya Bursa Berjangka AS Setelah Fed Pangkas Suku Bunga

Emas Naik Dipicu Jatuhnya Bursa Berjangka AS Setelah Fed Pangkas Suku Bunga

Category : Comodities

Emas melonjak setelah Federal Reserve AS memangkas suku bunga acuannya dengan nilai poin persentase penuh mendekati nol. Langkah Fed itu memicu jatuhnya bursa berjangka AS dan memulai pekan volatilitas tinggi lainnya karena pasar bersiap untuk menghadapi lebih banyak langkah kebijakan dari bank-bank sentral dunia.

Emas Berjangka menguat 1,98% di $1.546,70 per ons setelah sebelumnya mencapai $1560,65 berdasar data Investing.com pukul 10.27 WIB. Sedangkan XAU/USD naik 1,2% di $1.547,81 per ons. Pergerakan itu terjadi setelah bank sentral AS bertindak mengambil langkah-langkah untuk melindungi perekonomian dampak dari kejatuhan virus covid-19.

Pekan lalu melansir Bloomberg Senin (16/03) pagi, harga emas anjlok tajam sejak tahun 1983 lantaran investor bergegas untuk mengumpulkan uang tunai untuk menutupi kerugian di pasar lain, sementara dolar AS yang lebih kuat juga menahan daya tarik logam ini.

The Fed mengumumkan beberapa tindakan lain, termasuk membiarkan bank-bank meminjam dari anggaran discount window selama 90 hari dan mengurangi rasio persyaratan cadangan menjadi nol persen. Discount window adalah instrumen kebijakan moneter yang memungkinkan lembaga yang memenuhi syarat untuk meminjam uang dari bank sentral.

Source : investing.com