Klaim Pengangguran & Paket Stimulus Sempat Mendorong Penguatan Emas

Klaim Pengangguran & Paket Stimulus Sempat Mendorong Penguatan Emas

Category : Comodities

Rekor nilai paket stimulus AS sebesar $2 triliun sempat membuat emas menguat ditambah lagi data pengangguran tertinggi sepanjang masa yang dirilis Kamis pagi waktu AS membuat logam kuning ini melanjutkan tren penguatan namun itu ternyata hanya sementara karena pada Jumat pagi sudah kembali melemah.

Emas spot dan emas berjangka sempat naik di zona $1.600 pada hari Kamis merespon aksi penyelamatan fiskal yang telah mendapat persetujuan Senat AS untuk memberikan suntikan dana segar pada ekonomi yang terguncang akibat covid-19.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa rekor 3,28 juta orang Amerika mengajukan tunjangan pengangguran pertama kali – angka yang lebih tinggi daripada populasi Chicago yang hanya 2,7 juta, yang mengisyaratkan upaya perbaikan pasar tenaga kerja bisa memakan waktu lebih lama daripada yang diberikan stimulus dan sempat dinilai bakal meningkatkan prospek safe havens seperti emas.

Menurut data investing.com Jumat (27/03) pukul 09.15, Emas Berjangka untuk pengiriman April di New York COMEX dilevel $1,639.05 per ons, sementara XAU/USD dilevel $1,627.79 per ons.

Sementara anggaran stimulus yang disetujui Senat sebesar $2 triliun, Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow telah menyarankan rancangan anggaran penyelamatan terakhir untuk Amerika Serikat bisa setinggi $6 triliun.

Secara terpisah, Federal Reserve telah mengganggarkan lebih banyak untuk mendukung pasar keuangan melalui pembelian obligasi dan pinjaman langsung ke perusahaan, yangmenambah prospek emas.

Source : investing.com