Minyak Menguat Didorong Harapan Suntikan Stimulus Lanjutan

Minyak Menguat Didorong Harapan Suntikan Stimulus Lanjutan

Category : Comodities

Harga minyak menguat pada Jumat (27/03) setelah para pemimpin dunia menjanjikan suntikan dana besar-besaran untuk melawan dampak negatif ekonomi pandemi virus covid-19. Penguatan minyak ini muncul kendati kekhawatiran mengganasnya wabah virus akan menghancurkan permintaan minyak.

Setelah jatuh selama empat minggu terakhir lapor Reuters Jumat (27/03) pagi, minyak mentah Minyak Brent Berjangka naik 1,21% di $26,66 per barel Jumat (27/03) pukul 10.29 WIB menurut data Investing.com. Minyak mentah Minyak Mentah WTI BerjangkaAS melonjak 2,04% di $23,06 per barel.

Kedua kontrak minyak tersebut telah jatuh sekitar 60% sepanjang tahun ini.

Para pemimpin negara-negara G20 berjanji pada Kamis untuk menyuntikkan dana lebih dari $5 triliun ke dalam perekonomian global untuk membatasi kehancuran sektor pekerjaan dan pendapatan akibat virus covid-19 dan “melakukan apa pun untuk mengatasi pandemi virus ini.”

Jumlah kasus virus covid-19 di Amerika Serikat kini telah melampaui Cina dan Italia, menurut data Reuters. Amerika kini juga menghadapi lonjakan rawat inap dan kekurangan pasokan, staf, dan tempat tidur bagi yang sakit.

Kucuran dana stimulus ini membantu harga minyak naik di kala banyak pemerintah negara mengeluarkan langkah-langkah stimulus tambahan untuk memerangi pandemi.

Source : investing.com