Minyak Beragam, Covid-19 Tekan Optimisme Berkurangnya Pasokan

Minyak Beragam, Covid-19 Tekan Optimisme Berkurangnya Pasokan

Category : Comodities

Harga minyak beragam pada Jumat (15/05) pagi setelah kenaikan besar sehari sebelumnya pasca Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan pasokan minyak mentah akan mulai menyusut pada semester kedua 2020 ini pasca alami lonjakan di kala pandemi covid-19 memangkas permintaan bahan bakar.

Pada pukul 09.18 WIB, Minyak Brent Berjangka naik 0,35% di $31,24 mengutip data Investing.com setelah kemarin melonjak 7,78% ke $31,46 dan Minyak Mentah WTI Berjangka turun 0,29% ke $27,48 per barel setelah juga kemarin melonjak 9,21% di $27,62.

Seperti dilaporkan Reuters Jumat (15/05) pagi, harga minyak telah menguat oleh banyak tanda-tanda bahwa produksi minyak jatuh di antara anggota OPEC dan produsen utama lainnya, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+. Tetapi minat pasar tetap berhati-hati karena pandemi covid-19 masih jauh dari kata selesai dan kluster baru terus bermunculan di negara-negara di mana tindakan karantina wilayah telah melonggar.

Namun, seiring meningkatnya permintaan dengan dilonggarkannya tindakan karantina wilayah untuk mendorong perekonomian kembali berjalan, IEA memperkirakan pasokan minyak mentah turun sekitar 5,5 juta barel per hari pada paruh kedua tahun ini.

Pasokan minyak mentah AS turun untuk pertama kalinya dalam 15 minggu, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan pada Rabu, turun sebanyak 745.000 barel menjadi 531,5 juta barel dalam pekan terakhir hingga 8 Mei. Para analis memperkirakan adanya kenaikan. 

Pemotongan produksi akan mendorong tren ke arah pasokan yang lebih rendah.

Source : investing.com