Harga Minyak Melonjak Senin Pagi Didorong Meningkatnya Permintaan

Harga Minyak Melonjak Senin Pagi Didorong Meningkatnya Permintaan

Category : Comodities

Harga minyak melonjak pada Senin (18/05) pagi ini. Lonjakan minyak ini didukung penurunan produksi yang berkelanjutan dan tanda-tanda pemulihan bertahap permintaan bahan bakar karena banyak negara mengurangi pembatasan yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran pandemi covid-19.

Minyak mentah Minyak Brent Berjangka melonjak 3,78% ke $33,73 per barel pada pukul 09.22 WIB dan minyak 

Minyak Mentah WTI Berjangka juga melonjak 4% ke $30,70 per barel menurut data Investing.com.

Menurut Reuters Senin (18/05) pagi, kontrak WTI bulan Juni berakhir pada Selasa besok, tetapi ada sedikit tanda WTI mengulangi kejatuhan bersejarahnya di bawah nol persen seperti pada bulan lalu di waktu berakhirnya kontrak bulan Mei di tengah tanda-tanda pulihnya permintaan minyak mentah dan bahan bakar.

Produksi juga turun lantaran perusahaan-perusahaan energi AS memangkas jumlah rig minyak dan gas bumi yang beroperasi ke tingkat terendah sepanjang masa selama dua minggu berturut-turut. Hal tersebut sebagian membantu meredakan kekhawatiran kehabisan ruang penyimpan minyak kontrak WTI di Cushing, Oklahoma.

Dorongan positif diperkuat pernyataan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell yang berpandangan optimis mengenai pemulihan ekonomi tahun ini.

“Dengan asumsi tidak ada gelombang kedua dari covid-19, saya pikir Anda akan melihat ekonomi terus bangkit pada paruh kedua tahun ini,” kata Powell pada Minggu malam setempat dalam siaran pers.

Juga mendukung harga minyak yaitu pengurangan produksi oleh Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara mitra lainnya, termasuk Rusia, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+.

Source : investing.com