Harga Minyak Naik Rabu Pagi Dipicu Turunnya Pasokan di AS

Harga Minyak Naik Rabu Pagi Dipicu Turunnya Pasokan di AS

Category : Comodities

Harga minyak naik pada Rabu (20/05) pagi dipicu pasokan minyak AS turun kendati ada kekhawatiran atas penurunan ekonomi berkelanjutan akibat pandemi covid-19 serta munculnya tanda-tanda meningkatnya permintaan dan pengurangan produksi oleh produsen minyak utama.

Pukul 09.17 WIB, Minyak Mentah WTI Berjangka naik 0,06% di $31,98 per barel dan Minyak Brent Berjangka menguat 0,32% ke $34,76 per barel menurut data Investing.com.

Mengutip laporan yang dilansir Reuters Rabu (20/05) pagi, kontrak bulan Juli beralih ke bulan depan setelah WTI berjangka untuk Juni berakhir pada hari Selasa. Kontrak minyak ini berhasil menghindari kekacauan pada bulan Mei yang berakhir pada bulan lalu tatkal harga anjlok ke wilayah negatif.

Harga minyak telah menguat selama tiga minggu terakhir dan kedua tolok ukur ini naik di atas $30 untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan pada hari Senin. Tren positif ini didukung penurunan produksi besar-besaran dari produsen minyak utama dan tanda-tanda membaiknya permintaan.

Namun, prospek ekonomi yang suram dari Federal Reserve AS memberikan tekanan pada harga minyak.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan pada Selasa setempat data PHK oleh pemerintah negara bagian dan lokal akan memperlambat pemulihan ekonomi AS, sementara Presiden Bank Federal Reserve Boston Eric Rosengren mengatakan tingkat pengangguran AS kemungkinan akan tetap pada angka dua digit hingga akhir tahun.

Pasokan minyak mentah AS turun 4,8 juta barel menjadi 521,3 juta barel hingga pekan terakhir 15 Mei, data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) menunjukkan pada hari Selasa.

Source : investing.com