Dolar AS melaju ke tingkat tertinggi satu setengah minggu pada Rabu (25/09) malam setelah rilis transkrip antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky gagal meningkatkan langkah penyelidikan pemakzulan dari Kongres AS.

DPR AS membuka penyelidikan tentang apakah Trump meminta bantuan dari negara Ukraina untuk mengawasi lawan politiknya dan juga mantan Wakil Presiden Joe Biden dengan imbalan bantuan asing.

Transkrip tersebut mengungkapkan bahwa Trump memang meminta Zelensky untuk menyelidiki kasus korupsi yang dialami putra Biden, tetapi tidak disebutkan secara langsung tentang bantuan asing.

“Ada banyak pembicaraan tentang putra Biden, bahwa Biden menghentikan penuntutan itu dan banyak orang ingin mengetahui tentang hal tersebut sehingga apa pun yang dapat Anda lakukan dengan Jaksa Agung akan sangat bagus,” kata Trump kepada Zelensky, menurut transkrip yang dirilis oleh Gedung Putih.

Indeks dolar AS menguat 0,6% sentuh level 98,525 pada pukul 10:53 ET (14:53 GMT).

Di tempat lain, USD/CAD naik 0,3% ke 1,3278. Yen Jepang, yang dianggap sebagai aset safe haven di saat gejolak pasar, jatuh dengan USD/JPY bertambah 0,6% capai 107,65.

Pound merosot sebanyak 1% ke 1,2369, sementara EUR/USD menyusut 0,5% menjadi 1,0961.

Source : investing.com